Jumat pun Tiba

downloadAkhirny bertemu kembali dengn hari jumat, sayyidul ayyam, hari dimana Allah SWT memberikan kemuliaan kepada hari ini. Kita dianjurkan untuk memperbanyak shalawat kpd Nabi Muhammad SAW. Hari dimana nt siang semua umat islam akan berbondong-bondong ke masjid untuk menunaikan shalat jumat berjamaah.

Adapun adab yang disunnahkan pergi menunaikan shalat jumat adalah memakai parfum, datang lebih awal dan memperbanyak dzikir dan shalawat. Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak doa, krn hari jumat adalah hari yang mulia.

Dalam Surat Aljumuah juga diterangkan bahwa ketika waktu jumat tiba, maka tinggalkanlah segala aktivitas dan bersegeralah ke masjid. Dan setelah shalat jumat kita dianjurkan untuk kembali ke aktivitas duniawi, dan memperbanyak dzikrullah agar kita beruntung. Hal ini mempunyai maksud agar kita seimbang dlam hal duniawi dan akhirat. Bahkan Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk jangan melupakan akhirat kita serta tidak meninggalkan urusan duniawi kita.

Dunia ini adalah tempat untuk kita mencari bekal di akhirat nanti. Dan semua yang telah kita lakukan di dunia ini akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. Kita sudah diberi berbagai nikmat Allah SWT,dlm berbagai bentuk, seperti waktu luang, kesehatan, usia, harta dll. Semoga kita semua dapat mensyukuri nikmat dan dapat mempergunakan kesempatan hidup kita di dunia ini dg penuh manfaat dan full barokah. Aamiin…

Selamat menunaikan ibadah jumat dan semoga kita selalu mendapatkan rahmat Allah SWT.

Boyolali, 17 April 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s