Bahagia Itu Sederhana ( emang )

sehabis mainan merpati balap

sehabis mainan merpati balap

Setiap manusia pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Terkadang, bahagia adalah menjadi tujuan hidup seorang manusia. tak ada yang salah mengenai tujuan hidup bagi seseorang, karena setiap individu mempunyai parameter kebahagiaan yang berbeda-beda.  Ia berubah-ubah dan berbeda antara seorang individu dengan yang lain. Bagi yang sakit, sehat itu dirasakan bahagia. Tetapi apabila sudah sehat, kebahagiaan itu bukan pada kesehatan lagi. Sudah beralih kepada perkara yang lain lagi. Bagi golongan ini kebahagiaan itu adalah satu “moving target” yang tidak spesifik artinya.

Pada jaman sekarang parameter bahagia ditempatkan dimana keinginan tercapai dengan segala sesuatu yang disebut dengan uang. Padahal bahagia itu bisa kita dapatkan tanpa modal sekalipun, tergantung dari diri kita menanggapinya karena bahagia itu Sederhana.  Pikiran kita tenang, bangun pagi kita terasa sangat nyaman, ada sahabat dan keluarga di sekitar kita.

Media juga berperan penting dalam mempengaruhi opini dalam masyarakat. Tayangan-tayangan yang membuat gaya hidup semakin hedon dan matre sehingga apapun selalu diukur dengan uang, dan tentunya ada juga yang beranggapan banyak uang pasti bahagia.

jika bahagia adalah mahluk yang berbeda dengan sukses, lalu apa bahagia itu? Jika sukses biasanya merujuk pada hal-hal yang kasat seperti dijelaskan sebelumnya, maka bahagia lebih mengacu pada hal-hal yang bersifat abstrak/tak kasat. Seperti diungkap oleh Arvan Pradiansyah lewat bukunya The Seven Law Of Happiness bahwa rumus untuk dapat hidup bahagia ada tujuh yaitu : Patience (Sabar), Gratefullness (Syukur), Simplicity (Sederhana), Love (Kasih), Giving (Memberi), Forgiving (Memaafkan), dan Surender (Berserah Diri). Dari ketujuh kunci tersebut dapat kita lihat bahwa tak satupun yang menyinggung tentang hal-hal matre dan materi.

Itu berarti kita bisa kok bahagia tanpa harus menunggu kaya dan kaya pun beleum tentu bahagia. Kita sering mendengar ada seorang yang sedang menikmati puncak kesuksesannya dan sedang dalam puncak kekayaannya akhirnya depresi dan bunuh diri, Naudzubillah tsumma Naudzubillah.

Dan akhirnya sukses itu tidak menjamin kebahagiaan dan kebahagiaan itu tidaklah harus sukses. Terkait dengan hal ini, bagi yang muslim pasti pernah membaca sebuah hadits yang isinya menyatakan bahwa orang-orang beriman adalah pribadi yang unik. Dikala senang mereka bersyukur, dan dikala ditimpa ujian mereka bersabar. Inilah sebenarnya rahasia besar dari kebahagiaan.

One thought on “Bahagia Itu Sederhana ( emang )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s