Syetan pun Putus Asa ataukah Pandai???

Utsman bin Affan pernah bertanya kepada Raulullah SAW,
“Wahai Rasulullah, setan telah mengganggu shalat dan bacaanku.”
Rasulullah SAW bersabda,
“Itulah setan Khanzab, jika engkau merasakan kehadirannya, maka bacalah ta’awud kepada Allah dan meludah kecillah ke arah kri tiga kali.”
(HR. Ahmad).

ketika saya membaca kitab Duratun Nasihin (kalo tak salah,hehe) ada sebuah kisah yang sangat unik dan sungguh menakjubkan.

dikisahkan, seorang hamba Allah yang sedang pergi menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat wajib berjamaah. dalam perjalanannya hamba Allah itu jatuh ke lumpur sehingga baju dan sarungnya (pakaian ibadahnya) kotor. hamba Allah itu lantas kembali pulang untuk mengganti pakaian shalatnya, walaupun jarak masjid- rumahnya terlampau jauh, tapi niatnya tetap bulat kan mengganti pakaiannya dan kembali ke masjid.

setelah berganti pakaiannya malang, dia pun terjatuh lagi sehingga pakaianya pun kotor dan basah.  Mendapati kejadian untuk kedua kalinya, dia tetap bersikukuh untuk kembali ke rumah dan akan meneruskan niatnya untuk shalat berjamaah di masjid.

dia pun melanjutkan untuk bergegas lagi ke masjid lagi, melewati jalan yang sama dan dengan medan yang sama. Hampir dia akan mengalami kejadian yang hampir sama, yakni hendak jatuh, tetapi kali ini dia beruntung, ada seseorang yang membantunya sehingga dia pun terhindar dari terpeleset.

dia sangat berterimakasih kepada seorang itu. Hamba Allah [un bertanya kepada orang yang menolongnya, “wahai fulan, siapakah engkau?” . Fulan tadi menjawab,” Sesungguhnya aku adalah Syetan yang menggodamu agar kau tidak pergi ke masjid.” Hamba Allah pun heran dan bertanya kembali, ” kenapa engkau malah menolongku?”.

Syetan pun menjawabnya, ” aku tlah berusaha menggodamu agar kamu enggan pergi ke masjid, tapi kamu tetap saja bersikukuh untuk tetap kesana, dan Allah SWT malah menambahkan pahala kepadamu yang sangat dan amat banyak karena usahamu yang begitu keras dan tekadmu yang begitu kuat. aku takut kalau aku menggodamu lagi dan menjatuhkanmu lagi dan engkau tetap kan pergi ke masjid Allah akan menambahkan pahala  jauh lebih banyak lagi. dan akupun tak mau kamu mendapat pahala yang banyak.”

subhanallah, sungguh kuat sekali tekad dan usaha Hamba Allah yang shalih ini, mari kita bersama-sama kuatkan niat kita dan usaha kita untuk melaksanakan ibadah wajib kita, karena shalatlah amal pertama kali yang akan dihisab, shalat pula yang menjadi tolok ukuran amal kita baik atau tidak dengan tanpa mengesampingkan amalan-amalan lainnya. semoga ini menjadi nasihat diri saya sendiri yang sungguh jauh dari baik.

One thought on “Syetan pun Putus Asa ataukah Pandai???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s