Menumbuhkan Motivasi

Sungguh tiada terkira nikmat yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Kenikmatan fisik, kemampuan berpikir, sarana yang melimpah ruah yang tersebar di alam semesta. Marilah kita selalu mensyukuri nikmat Allah SWT, dan kita pun harus menyadari bahwa semua karunia itu disediakn untuk sarana keperluan ibadah.

Sudah selayaknya kita senantiasa memacu diri kita untuk mempersembahkan yang terbaik bagi hidup kita. Sudah selayaknya pula kita harus berusaha untuk selalu terus melakukan dengan kesungguhan hati, mengingat kita sudah diamanahi oleh Allah SWT beragam karunia dan limpahan nikmat.

Sayangnya, sebagian dari kita terkadang lupa terhadap nikmat-nikmat Allah SWT. Sehingga kita pun belum memaksimalkan potensi dan karunia Allah SWT yang telah diberikan kepada kita. Memang banyak sekali faktor yang menyebabkan manusia menjadi lemah dan lalai. Seringnya penyebabnya berasal dari dalam diri kita. Diantaranya, kita seringkali melemahkan diri sendiri, merasa kalah sebelum berjuang. Ini adalah tradisi yang benar-benar diubah.

Kita harus menanamkan pada diri kita bahwa kita kita mampu berprestasi dan selalu memompa semangat dan motivasi dari dalam diri sendiri. Menurut Aa Gym berikut beberapa hal yang dapat menumbuhkan semangat dan motivasi diri :

  • Munculkan Harapan

Prinsip pertama seseorang untuk menumbuhkan motivasi adalah kemampuan untuk memunculkan harapan. Tak dapat dipungkiri, hampir setiap aktivitas yang kita lakukan pasti kita mempunyai maksud atau mengharapkan sesuatu. Dengan adanya harapan tubuh kita, tangan dan kaki kita akan mudah kita gerakkan untuk melakukan suatu aktivitas.

Teringat ketika ada aktivitas naik ke gunung ungaran beberapa waktu lalu. Ada seorang akhwat yang hamper pingsan karena tidak kuat lagi mendaki. Ada beberapa rekannya yang berusaha meyakinkannya kalau puncaknya hanya 50 meter lagi. Uniknya setelah mencapai 50 meter, rekannya mengatakan kalo punciknya ternyata masih 50 meter lagi. Dan itu terus berulang-ulang sampai 3 jam dari waktu akhwat tadi mau menyerah. Dan Subhanallah, mereka saling berpelukan menangis bahagia, tidak menyangka ternyata mereka sanggup mendaki sampai ke puncak.

Yang paling penting adalah kita harus berusaha untuk memaksimalkan dan mendayagunakan kemampuan dan potensi kita, dan yakinkan diri kita, munculkan harapan-harapan. Mari perbaiki diri kita dan bersujud khusyuk kepada Allah.

Begitulah, segawat apa pun kesulitan yang menghimpit, cobalah munculkan harapan dalam diri kita.

  • Mengenali Allah

Orang yang memiliki harapan akn mampu berjuang dengan baik. Ia akan memiliki daya tahan yang luar biasa, kesabaran yang prima dan akhlaq yag lebih mulia. Inilah sikap yang seharusnya dimiliki generasi islam, yang tangguh dan tahan sehingga lebih mampu berbuat sesuatu yang bermanfaat. Ini dapat terjadi apabila orang tersebut mengenal Allah dan agama-Nya dengan benar.

Ali bin abi Thalib pernah mengatakan bahwa orang yang mengenal Allah SWT dan mengenal kehebatan pertolongan-Nya

  • Membersihkan Hati

Memang benar kita adalah manusia normal yang kan senantiasa menghadapi hal-hal yang tidak kita duga dalam hidup ini. Hendaklah hal itu tidak menjadikan hati kita menjadi keruh dan kotor.

Semakin keruh hati kita, kita akan semakin mudah terluka dan tersinggung. Walhasil, kita pun akan mudah merasa runyam dan pusing, sehingga kita pun akan dibuat lemah oleh pikiran kita sendiri.

Kita pun harus mampu melatih dan mengendalikan hati kita. Ini sangat penting sebab, jika kkita melihat sesuatu dengan hati  yang bersih, maka segala sesuatu yang kita hadapi akan terasa baik. Setiap halangan ataupun rintangan yang menghadang dihadapan kita jika kita menghadapinya dengan hati yang bersih dan pikiran yang jernih, maka halangan tadi akan trasa ringan dan tidak begitu berat untuk kita hadapi. Pada akhirnya, kita pun dapat melaluinya dengan baik dengan hasil yang tentu baik pula.

Dengan hati yang bersih, kita akan mengenal Allah SWT dengan baik, dengan mengenal Allah SWT dengan baik, kita kan memiliki kekuatan dan kemampuan yang melimpah. Kekuatan dan kemampuan inilah yang dapat membuat kita melakukan sesuatu dengan lebih hebat dari apa yang kita duga. Dan memang inilah arti hidup di dunia ini, menjadi hamba Allah SWT dan menjadi khalifah yang dapat berbuat sesuatu yang bermanfaat.

Hidup di dunia bukan sekadar mampir belaka, tapi kita harus mampu meninggalkan karya yang bermakna bagi kehidupan di dunia dan di akhirat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s