Langkah Mengukir Prestasi (bagian 5 – habis)

5. Manajemen Qalbu

Tidak bisa tidak, bagi pribadi yang ingin unggul dan prestatif, maka dia harus mampu mengendalikan suasana hatinya. Rasululllah SAW bersabda, “Ingatlah dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik, maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi bila rusak, niscaya akan rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama hati.” (H.R. Bukhari-Muslim).

Dalam sebuah organisasi misalnya, kita harus mampu mengelola konflik. Ingat, konflik bukan dihindari atau dihilangkan. Konflik adalah untuk dikelola agar menjadi sebuah kekuatan yang positif. Banyak fakta yang membuktikan bahwa robohnya suatu organisasi itu karena pengelolaan hati para pengurusnya yang kurang baik. Ingatlah pepaatah, “Kekayaanku adalah hatiku, apapun yang engkau lakukan, yang penting jangan kau curi hatiku.”

Selamat menderita bagi orang yang busuk hatinya. Bagi siapapun yang yang tidak bisa menata hatinya, waktunya kan habis untuk meladeni kebusukan  hatinya. Orangitu kan terhambat dan tidak akan berprestasi karena energinya habis untuk memikirkan oranglain.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari kita sisihkan waktu, tenaga, biaya untuk menggali ilmu. Ingatlah, upaya itu selain untuk tahu, adalah juga untuk paham. Segera amalkan ilmu itu. Bagi mereka yang ahli dalam menjaga hati, Insya Allah lulus menjadi pribadi unggul. Wallahu a’lam bisshawab..

Semarang-Boyolali, 18 Rajab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s