Birrul Walidain

Image“Dan sembahlah Allah, janganlah sekutukan Dia dengan suatu apapun, dan berbaktilah sesempurnanya kepada ayah-ibu, dan berbaiklah kepada family terdekat, anak-anak yatim, dan fakir miskin serta tetangga terdekat, tetangga jauh, juga kawan sejawat dan ibnu sabil, dan mereka yang membantumu. Sungguh, Allah tidak suka kepada orang-orang sombong lagi membanggakan diri.” (An-Nisa : 36)

Sungguh penting bagi kita untuk mengevaluasi diri kita, tentang bagaimana kita atau seberapa baktikah kita kepada orang tua kita. Orang tua kita lah kita dapat terlahir di dunia ini, kita bisa hidup dan besar sampai sekarang. Tapi kita (penulis juga) terkadang lupa dan sering khilaf untuk berbakti kepada mereka.

Ketika mereka meminta pertolongan atau kita diperintah terkadang kata-kata ‘ nanti lah bu, ah malas bu, dll ‘. Bahkan terkadang kata-kata yang lebih kasar pun terucap oleh mulut kita, (naudzubillah). Bahkan ada yang berpendapat bahwa ketika berbakti kepada orang tua itu bukanlah balasan yang setara untuk dapat mengimbangi kebaikan orang mereka. Ulama mengatakan, ada 10 hak bapak ibu yang wajib dilakukan oleh anak, yaitu :

  1. Memberi makan, jiika mereka memerlukannya.
  2. Memberi pelayanan, jika mereka memerlukannya.
  3. Memenuhi panggilannya sewaktu diperlukan.
  4. Menaati perintahnya kecuali disuruh maksiat.
  5. Berkata dengan ucapan lemah lembut bukan yang keras menyakitkan.
  6. Memberi pakaian, jika mereka memerlukan, dan anak dalam mampu mengusahakan.
  7. Berjalan dibelakangnya, bukan mendahuluinya.
  8. Mencari keridhaan padanya, dengan sesuatu yang diridhoinya.
  9. Menghindari hal-hal yang menjadi kebenciannya.
  10. Memohonkan ampun pada mereka, ketika berdoa bagi pribadinya.

(Tambihul Ghafirin)

Masih ingat dalam ingatan  kita sewaktu masih di sekolah dasar, ada pelajaran agama yang telah disampaikan kepada kita. Ada sebuah hadist yang menyatakan bahwa ridha Allah ada di ridha orang tua. Simpel, tapi sangat dalam dan terkadang kita masih susah mengaplikasikannya dalam kehidupan kita.

Dengan sisa umur kita sekarang ini, mari kita manfatkan untuk mengapai ridah Allah dan ridha orang tua kita. Kesuksesan kita tak mkan lepas dari tangisan doa-doa orang tua kita.       (Boyolali 9 .03 PM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s