Berilmu Itu , , ,

Pemilihan mahasiswa berprestasi (mapres) telah mulai dilaksanakan. Seleksinya pun sangat ketat. Calon mahasiswa berprestasi disaring  dari tingkat jurusan, fakultas, universitas, regional dan nasional.

Kriteria seorang mapres pun juga tidak sembarangan. Mulai dari IPKImage yang bagus, pembuatan karya ilmiah, keikutsertaan dalam berorganisasi, public speaking yang bagus dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris dan yang tak kalah pentingnya adalah kepribadian.

Teringat sebuah hadist Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah, Nabi bersabda : “Siapa menempuh jalan menuju ilmu pengetahuan, pasti Allah menyalurkannya jalan menuju surge, sesungguhnya para penghuni langit dan bumi serta ikan-ikan di lautan, semua beristighfar memohonkan ampun bagi orang ‘alim (berilmu), sebab para ulama adalah pewaris Nabi-Nabi.”

Sungguh Islam sangat menganjurkan kita untuk mencari ilmu. Allah SWT telah berfirman dalam Alqur’an bahwa Allah SWT akan meninggikan derajat orang berilmu dan beriman. Dan salah satu bukti Firman Allah SWT adalah sangat dihormatinya orang yang pandai atau berilmu itu.

Jadi teringat masa-masa dulu waktu kecil SMP dulu ketika mendapat peringkat 1 di kelas, mulai dari itu banyak teman-teman yang mulai respect. Tak hanya itu, para guru pun juga sangat perhatian dan peduli. Bahkan tawaran beasiswa juga hadir. Itulah salah satu manfaat menjadi orang yang berilmu, dan bukti bahwa Allah SWT akan meninggikan derajad orang yang berilmu.

Dalam dunia kerja, pendidikan juga sangat penting. Seorang yang menguasai ilmu tertentu akan dibutuhkan oleh perusahaan. Akhirnya, seseorang itu dapat mencari nafkah dan dapat bertahan hidup dengan ilmunya.

Imam Ali R.A pernah ditanya seorang sahabatnya, sahabat meminta Imam Ali menjelaskan 10 alasan ilmu itu lebih baik dari pada harta. Salah satunya adalah kalau ilmu digunakan maka akan bertambah tajam dan bertambah ilmunya, sedangkan kalau harta itu digunakan, maka akan habis.

Bahkan ada sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Meninggalnya seorang ‘alim, berarti pertanda binasanya alam semesta.”

Kemajuan suatu Negara juga tergantung dengan kualitas pendidikan di negara itu. Kalau Negara itu ingin maju maka hal pertama yang diperbaiki adalah pendidikannya. Banyak Negara-negara maju yang selalu mengupdate dan memperbaiki kualitas pendidikannya, karena dengan pendidikanlah penduduk di Negara itu kan berkualitas dan mampu bersaing.

Mari sahabat, kita bersama-sama membangun diri kita, membangun Negara kita dengan ilmu. Mari menjadi insan yang berilmu, yang bisa membanggakan orangtua kita dan agama kita. Karena berilmu itu , , ,(isi sendiri,hehehe)

Boyolali, April 14, 2013 at 5.00 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s